10 Hal yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes yang berpuasa

Diabetes mellitus merupakan sekelompok kelainan yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah atau hiperglikemi.Hal ini bisa  ditangani oleh memperbaiki hidup yang tidak sehat. Adapun hal yang perlu diperhatikan yaitu:
  1. Pertimbangkan tingkat penyakit diabetes anda sebelum memutuskan untuk berpuasa :
    • Diabetes yang hanya dikendalikan dengan diet adalah diabetes ringan.
    • Diabetes yang dikendalikan dengan obat yang diminum adalah diabetes sedang.
    • Diabetes yang tidak dapat dikendalikan dengan obat minum , karenanya perlu suntikan insulin, termasuk diabetes sedang sampai berat.
  2. Puasa sangat baik bagi penderita diabetes ringan (terutama yang berbadan gemuk).
  3. diabetes sedang boleh berpuasa dengan ketentuan khusus sesuai  dengan anjuran dokter, dan mereka Harus waspada terhadap kadar gula darahnya.
  4. Penderita diabetes berat tidak boleh berpuasa karena dapat  mengalami bahaya yang serius.
  5. Pada umumnya penderita diabetes yang harus mendapat suntikan insulin dianggap tidak tepat untuk Berpuasa. Meskipun ada beberapa dokter yang mengijinkan berpuasa bagi penderita dengan insulin Dosis rendah, tetapi sebagian  dokter tidak menganjurkan penderita kelompok ini untuk berpuasa.
  6. Obat anti diabet yang diminum, dimakan bersamaan pada waktu buka puasa, tujuan untuk mengendaLikan kadar gula darah yang berlebihan sesudah buka puasa. Jika masih ada obat anti diabetes yang harus diminum sewaktu sahur, maka takarannya dikurangi setengahnya untuk memberikan hasil yang leBih baik selama berpantang makan di siang hari.
  7. Pengendalian kadar gula darah tidak saja melalui diet, tetapi juga melalui kerja jasmani di siang hari.Selama bulan puasa kegiatan yang normal tidak perlu dikurangi dan dianjurkan untuk beristirahat seLepas tengah hari.
  8. Diet anda harus tidak mengandung gula atau yang manis selama bulan puasa. Kadar tepungpun (karbohidrat) harus secukupnya saja. Protein boleh dimakan secara bebas. Lemak dan garam terserah anjuran dokter anda.
  9. Penyakit penyakit yang menyertai diabetes harus dikendalikan pula pada saat yang sama, dan ada Kalanya memerlukan pengubahan pada susunan diet anda.
  10. Beberapa obat dapat pengaruhi kadar gula dalam darah jika anda memakannya. Bicarakan hal itu dengan dokter anda. Karena mungkin ia merubah atau mengganti cara pengobatan yang lebih sesuai untuk anda.
Bagaimanapun juga sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak, pengaturan diet dan pemilihan obat-obatan adalah sangat bijaksana, jika anda meminta pendapat dokter anda dulu.